Alimaksum.com | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma'arif Al Munawwir merupakan sekolah yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Krapyak. Terdapat tiga kompetensi utama yang diajarkan di lembaga pendidikan ini. Kompetensi pertama adalah di bidang agama dan pengetahuan umum. Kompetensi ini meliputi (1) pengetahuan agama Islam dan membaca kitab kuning, (2) berbahasa Arab dan Inggris, dan (3) organisasi dan manajemen. Kompetensi kedua yang diajarkan adalah teknik mekanik otomotif, yang meliputi (1) penguasaan kelistrikan otomotif (motor dan mobil), (2) penguasaan chasis dan body otomotif, dan (3) kemampuan mengoperasikan dan memperbaiki mesin mekanik Otomotif. Sementara itu, kompetensi keempat dalam bidang tata busana. Dalam bidang tata busana ini, kompetensi yang diajarkan adalah kompetensi sebagai bekal untuk menjadi (1) desainer, (2) operator potong, dan (3) operator jahit.

Sebagaimana sekolah pada umumnya, SMK Ma'arif Al Munawwir menerima lulusan SMP sederajat untuk dididik dalam berbagai bidang keahlian yang menjadi fokus SMK Ma'arif Al Munawwir. Siswa-siswi yang belajar di SMK Al Munawwir, selain diajarkan berbagai keterampilan untuk hidup, juga menempuh pendidikan keagamaan (kepesantrenan). Pendidikan keagamaan atau kepesantrenan ini menjadi wajib oleh karena status SMK Al Ma'arif Al Munawwir yang berbasis pesantren.


01.
Nama lembaga
:
SMK Ma’arif Al Munawwir Krapyak
02.
Kurikulum
:
Diknas: PPKN, bahasa Indonesia, penjaskes, sejarah, matematika, bahasa Inggris, kimia, komputer, dan kewirausahaan.
Kepesantrenan: attawhid wattasawuf, kutubutturats (kutab kuning), nahwu shorof, tamrinatulloghoh Qur’an Hadis, fiqh, bahasa Arab, aqidah akhlak, dan SKI.
Keahlian Otomotif: menggambar teknik dasar, pekerjaan logam dasar, perhitungan dasar konstruksi mesin, penggunaan peralatan mesin mekanik industri, perbaikan motor otomotif, perbaikan chasis dan pemindahan tenaga, perbaikan system kelistrikan otomotif, dan perbaikan bodi otomotif dasar.
Keahlian Tata Busana: menggambar busana, membuat pola, menjahit dengan mesin, membuat hiasan pada busana, pemeliharaan alat jahit, memberikan pelayanan prima, mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja (OH & S).
03.
Alamat lembaga
:
Jln. KH. Ali Maksum
04.
Nomor telepon
:
+62-274-4399107, 37658


Label:

 
>