Alimaksum.com | Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum merupakan lembaga pendidikan menengah formal yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Krapyak. Lembaga ini merupakan lembaga pendidikan menengah yang berbasis keagamaan. Para siswa, yang disebut santri, menempuh pendidikan secara terintegrasi dengan pendidikan kepesantrenan. Oleh karena itu, mereka yang menempuh pendidikan di sini diwajibkan untuk berada di asrama, asrama putra untuk santri putra dan asrama putri untuk santri putri.

Sebagai lembaga pendidikan menengah, selain mengacu kepada kebijakan yayasan, MA Ali Maksum mengikuti kurikulum yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tentu saja, dalam beberapa hal tetap memperhatikan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional RI sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas pendidikan di Indonesia.

Dalam bidang kepesantrenan, madrasah yang dipimpin oleh Dr. H. Hilmy Muhamad, M.A. ini menyelenggarakan pengajian sorogan, pengajian bandongan, dan takhasus al-Quran. Kegiatan tersebut diselenggarakan di luar kegiatan belajar-mengajar formal. Dalam kaitannya dengan pendidikan kepesantrenan ini, para siswa mendapat penampingan dari para pembimbing asrama yang notabene lulusan Pondok Pesantren Kraypak.

01.
Nama lembaga
:
MA Ali Maksum
02.
Visi
:
Menjadi Madrasah Unggulan dalam Pengembangan Keilmuan Keislaman dan Kemodernan yang berbasis Pesantren.
Misi
:
Mampu   mengaplikasikan  diri menjadi Madrasah Aliyah unggul.
Mempersiapkan   para alumninya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui UM, PBUCM, PBUD dan lain sebagainya.
Menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dijiwai nilai-nilai Islam.
Mampu mempersiapkan alumninya berkiprah di masyarakat dan mampu menjawab tantangan zaman.
Mampu berbahasa asing, Arab, Inggris.
03.
Alamat lembaga
:
Jalan KH. Ali Maksum Yogyakarta 55011
04.
Nomor telepon
:
+62-274-379102




Label:

 
>