Alimaksum.com | Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ali Maksum merupakan lembaga pendidikan berbasis keagamaan yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Keberadaan sekolah ini tidak terlepas dari kehadiran KH. Moenawir yang mendirikan Pondok Pesantren Krapyak pada 1910. Sepeninggal KH. Moenawir, tongkat kepemimpinan Pondok Pesantren Krapyak dipegang oleh KH. Ali Maksum (1911-1989). Di bawah kepemimpinan KH. Ali Maksum ini pondok pesantren mengalami beberapa pengembangan, di antaranya didirikannya beberapa lembaga pendidikan formal.

MTs Ali Maksum merupakan lembaga pendidikan formal yang berafiliasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Oleh karena itu, beberapa kebijakan berkaitan dengan pendidikan formal, selain merujuk kepada kebijakan yayasan, lembaga ini merujuk kepada kebijakan yang telah ditetapkan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Lembaga pendidikan keagamaan yang berlokasi di Jalan Dongkelan Nomor 325 ini didirikan pada tahun 1990 bersamaan dengan pendirian Yayasan Ali Maksum. Dokumen legal yang dimiliki MTs Ali Maksum berkenaan dengan pelaksanaan belajar-mengajar secara formal adalah Piagam Madrasah No. 92/057/B/Ts tanggal 19 Desember 1991.

01.
Nama lembaga
:
MTs Ali Maksum
02.
Visi
:
Madrasah Berbasis Pesantren Utama
Misi
:
Menyelenggarakan pendidikan dasar berbasis pesantren yang di dalamnya berlangsung pembelajaran Al-Qur’an, ilmu-ilmu akademis dan kepesantrenan.
Menyelenggarakan pengembangan diri baik, keterampilan komunikasi bahasa Arab dan Inggris, pembinaan teknologi informasi, seni serta olahraga.
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan nonakademik.
Membimbing dan menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku kearah pengamalan ajaran Islam, rasa kebangsaan dan wawasan global.
Menciptakan kondisi lingkungan dalam 7K : kemandirian (otonomi), keluwesan (fleksibilitas), keperansertaan (partisipasi), keterbukaan (akuntabilitas, transparansi), kemajuan (transformasional), kepengetahuaan, kepercayaan (amanah).
04.
Tahun berdiri
:
1990
05.
Alamat
:
Jalan Dongkelan 325 Bantul, DI Yogyakarta
Koordinat
:
GPS -7.825672,110.360316
06.
Nomor telepon
:
+62-274-376500
07.
Fasilitas
:
Ruang belajar, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang konseling, tempat ibadah, UKS, jaringan internet, dan asrama.


Label:

 
>