Alimaksum.com | H. Fuad Asnawi, S.Pd., M.S.I. adalah Kepala SMP Ali Maksum periode 2009--2010. Fuad Asnawi merupakan kepala sekolah pertama di SMP Ali Maksum. Di bawah kepemimpinannya, sekolah yang baru berdiri pada tahun 2009 tersebut berusaha melesat mengimbangi sekolah-sekolah lain yang usianya lebih tua. Usaha tersebut terlihat dari berbagai prestasi yang dicapai oleh siswa-siswi SMP Ali Maksum angkatan pertama, mulai juara internasional bela diri sampai peringkat satu untuk nilai akademis kategori sekolah swasta di Kabupaten Bantul.

Di lingkungan Pondok Pesantren Krapyak, Fuad Asnawi bukanlah sosok yang asing. Tokoh yang murah senyum dan berpenampilan sederhana ini merupakan keturunan dari KH. Dalhar Munawir. Dalhar Munawir sendiri merupakan putra dari KH. M. Munawir.

Pada tahun 2010, Fuad Asnawi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala SMP Ali Maksum. Pengunduran diri tersebut berkaitan dengan tugasnya sebagai staf di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh. Di KBRI Riyadh tersebut, Fuad Asnawi bertugas sebagai guru di samping berbagai tugas lain yang dibebankan kedutaan kepadanya.

Sepeninggal Fuad Asnawi, tongkat kepemimpinan SMP Ali Maksum dipegang oleh Abdul Muis, S.Pd.Si., M.Pd. Abdul Muis memimpin Ali Maksum hingga awal tahun ajaran 2013/2014. Di bawah kepimpinan Abdul Muis, SMP Ali Maksum bergabung dengan program sekolah berbasis pesantren yang dinaungi oleh Direktorat PSMP Kemdikbud dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada tahun ajaran 2012/2013, SMP Ali Maksum menjadi sekretariat Forum Komunikasi SMP Berbasis Pesantren area DIY-Jateng.

Selanjutnya, pada tahun ajaran 2013/2014, SMP Ali Maksum dipimpin oleh Faik Muhamad, S.Th.I., M.Hum. Faik Muhamad merupakan putra Fuad Asnawi. Pada saat tulisan ini dibuat, SMP Ali Maksum masih dipimpin oleh Faik Muhamad.


Label:

 
>