Alimaksum.com | Anas Urbaningrum merupakan pembina Yayasan Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak. Yayasan Ponpes Ali Maksum Krapyak merupakan yayasan yang membawahkan SMP Ali Maksum dan SMA Ali Maksum. Anas Urbaningrum menjadi pembina Yayasan Ponpes Ali maksum bersama mertuanya, KH. Atabik Ali.

Anas Urbaningrum dilahirkan di Blitar, 15 Juli 1969. Anas menempuh pendidikan tinggi di Universitas Airlangga pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Pendidikan pascasarjananya diselesaikan di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Program master dan doktornya itu pun dalam bidang ilmu politik.

Karier Anas Urbaningrum dimulai dari menjadi seorang wartawan di Surabaya. Pascareformasi, tahun 1999, Anas Urbaningrum terpilih menjadi anggota Tim Sebelas. Tim ini bertugas memverifikasi pemenuhan syarat administratif partai untuk mengikuti pemilu. Berdasarkan verifikasi Tim Sebelas ini, diumumkan 48 partai yang berhak mengikuti pemilu.

Pada tahun 1999 pula Anas menikah dengan Athiyyah Laila, putri KH. Attabik Ali, Pengasuh Ponpes Ali Maksum. Dari pernikahan tersebut, Anas Urbaningrum memiliki empat orang anak, yaitu Akmal Naseery, Aqeela Nawal Fathina, Aqeel Najih Enayat, dan Aisara Najma Waleefa.

24 April 2001 Anas dilantik oleh Presiden Abdurrahman Wahid untuk menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk masa bakti tahun 2000--2007. Pada tahun 2009 Anas Urbaningrum terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Demikrat dari daerah pemilihan Jawa Timur VII. 1 Oktober 2009 Anas ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI. 23 Juli 2010 Anas mengundurkan diri dari anggota DPR oleh karena mengikuti dan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.


Label:

 
>