Alimaksum.com SMP Ali Maksum merupakan sekolah menengah pertama yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Sekolah yang terletak di utara cagar budaya Panggung Krapyak ini berada di wilayah kerja Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai sekolah menengah pertama, SMP Ali Maksum menerima lulusan sekolah dasar sederajat untuk dididik selama tiga tahun sehingga siap melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SMA sederajat.

SMP Ali Maksum adalah sekolah berbasis pesantren. Oleh karena itu, siswa-siswi SMPAli Maksum diwajibkan tinggal di asrama. Di luar kegiatan belajar-mengajar reguler, para siswa diwajibkan mengikuti pendidikan kepesantrenan. Pendidikan kepesantrenan ini berlangsung pada sore, malam, dan pagi hari. Secara resmi, lembaga yang bertanggung jawab atas pendidikan keagamaan siswa-siswi SMP Ali Maksum adalah Pondok Pesantren Diponegoro. Sebagai sekolah berbasis pesantren, untuk dapat lulus dari lembaga pendidikan ini, selain telah menyelesaikan pendidikan formal, para siswa juga harus memenuhi standar minimal pendidikan kepesantrenan yang telah ditetapkan.

Selain melakukan pendidikan berdasarkan kurikulum nasional dan kepesantrenan, sekolah yang dikepalai oleh Faik Muhammad, M.Hum. ini juga memfasilitasi siswa-siswi berprestasi untuk mengikuti studi di luar negeri, di antaranya Dubai. Hanya saja, program ini sifatnya insidental, sesuai permintaan dari negara penerima. Siswa yang mengikuti program beasiswa di luar negeri secara otomatis pindah ke sekolah tujuan dan tidak lagi tercatat sebagai siswa SMP Ali Maksum.

01.
Nama lembaga
:
SMP Ali Maksum
02.
Visi
:
Menjadikan SMP Ali Maksum sekolah unggulan (excelent) menuju sekolah bertaraf internasional, berbasis pesantren, yang menjadi pilihan, dan terbaik bagi putra-putri bangsa.

Misi
:
Membentuk insan beriman kuat, taqwa yang kaafah, berakhlak mulia dengan hati yang cerdas, menguasi IPTEK yang manfaat, beramal profesional. 



Menguasai bahasa inggris dan arab sebagai gerbang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, berprestasi dalam akademik dan cerdas dalam kehidupan. 



Menguasai ilmu agama dan umum sebagai pondasi bagi pendidikan tinggi dan pengabdian masyarakat.
03.
Akreditasi
:
A
04.
Tahun berdiri
:
2009
05.
Alamat
:
Jalan Cuwiri 230 Yogyakarta
06.
Nomor telepon
:
+62-274-378585
07.
Daya tampung
:
4 kelas
08.
Fasilitas
:
Ruang belajar, musala, perpustakaan, lapangan basket, lapangan sepak bola, asrama putra, asrama putri, kantin, loundry, dan balai kesehatan.


Label:

 
>